Kamis, 08 Januari 2015

PENTINGNYA PENDIDIKAN, BELAJAR YANG BAIK, JANGAN BOLOS DI SEKOLAH

Berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya pendidikantersebut. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan merupakan salah satu modal yang kita miliki untuk hidup di zaman yang serba sulit ini. Mengapa dikatakan demikian?
Pendidikan adalah suatu modal penting dalam hidup manusia apalagi genarasi bangsa, dengan pendidikan yang cukup, wawasan, pengetahuan yang luas akan mampu menyiapkan generasi muda yang berkualitas yang mampu membangun bangsa dan negara ini lebih baik.
tentu saja pendidikan, kemampuan, wawasan dan pengetahuanlah yang kita butuhkan. Di dalam bangku pendidikan banyak sekali hal yang kita dapatkan.Tetapi entah mengapa banyak sekali warga di Indonesia ini yang tidak mengenyam bangku pendidikan sebagaimana mestinya, khususnya di daerah-daerah terpencil di sekitar wilayah Indonesia ini. Sepertinya kesadaran mereka tetangpentingnya pendidikan  perlu ditingkatkan.
Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dan tentulah dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.
 Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karna seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.
yang harus kita pikirkan sekarang, bagaimana caranya memberikan dan menerapkan pendidikan bagi generasi bangsa secara merata, tidak ada pembedaan suku, ras, agama, atau wilayah sehingga pendidikan tersebut mampu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.
yang sekarang kita rasakan, pendidikan belum mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat sampai tingkat paling bawah, karena faktor ekonomi dan faktor penunjang pendidikan yang belum merata dirasakan baik oleh pelaksana pendidikan maupun oleh peserta pendidikan.
seperti contoh yang sering kita lihat, sekolah-sekolah yang berada dipusat kota sangat diperhatikan baik fasilitas gedungnya, sarana penunjang pendidikan dan penunjang keahlian siswa nya... tapi mari kita lihat sekolah yang berada dipelosok, mereka kesulitan mengeyam pendidikan karena gedungnya yang mau roboh, atau bahkan tidak sedikit siswa disekolah - sekolah tersebut yang belum pernah melihat komputer, menggunakan internet, menggunakan mikroskof dan lain - lain.
Tapi kita harus tetap terus berjuang demi masa depan anak-anak bangsa, kita terus bangun pendidikan di Negara kita dengan cara apapun, kita akan sangat berdosa apabila kita masih melihat anak usia sekolah masih ada dijalan demi mencari sesuap nasi, masih ada anak yang sulit mencapat pengetahuan yang lebih luas.. 
Dukung perjuangan kami demi kemajuan generasi penerus bangsa yang bermoral dan berkualitas.

Cara Agar Anak Senang belajar Dirumah 

- Halo Bunda... kesulitan mendidik anak yang malas belajar yah? Memang bagi sebagian anak, belajar merupakan sebuah beban yang mereka harus kerjakan, bahkan belajar bisa jadi merupakan hal yang paling menakutkan bagi sebagian anak. Apalagi anak terkadang selalu membuat kesal orang tua, yang kadang begitu malas kalau disuruh belajar. hemm... memang merepotkan ya bunda, mengurus anak itu. namun jika bunda ingin melatih anak agar termotivasi ingin belajar dirumah sebaiknya ikuti siasat dibawah ini. 1. Sering berkomunikasi sama anak seorang bunda harus pandai mengatur waktu dan membagi kasihnya pada anak, jangan terlalu sibukdengan urusan krumah, kantor, bahkan ngerumpi dengan tetangga, biasakan mengobrol dengan anak dan ciptakan keserasian agar hubungan yang terjalin semakin erat dan hal ini juga akan membuat anak semakin mudah untuk diatur. seperti contoh ajaklah anak mengobrol tentang kesehariannya seperti sekolah, atau teman-temannya. siapa tahu anak akan menceritakan kenapa dia sulit dan malas belajar. 2. Bunda harus menjadi contoh Yang baik Jadi gini bunda... jika bunda telah berhasil merayu anak, lalu anak itu juga sudah mau belajar, sebaiknya Bunda tetap ada disamping anak bunda. sambil membaca buku atau majalah disampingnya. cara ini bisa memotivasi anak agar mau belajar. jangan malah menonton TV atau memainkan handphone disampingnya, nanti yang ada sikap malas akan hadir ketika sering melihat ibunya tidak mencontohkan yang baik. 3. Atur jam belajar anak Mulai sejak dini sebaiknya Bunda harus mengatur waktu anak, bahkan dalam hal belajar. tapi tetap beri kebebasan pada anak, hal ini akan membuat anak terbiasa dengan rutinitas waktu yang memang sudah disepakati. contohnya tetapkan belajar anak sekitar jam 5 sore setelah ia bermain, atau anda juga bisa memberi sedikit kejutan jika anak anda tepat waktu. 4. Jadikan suasana belajar menyenangkan Biasanya seorang anak memiliki cara sendiri untuk belajar, mungkin jika selama ini bunda memberikan suasana belajar yang sangat menjenuhkan, ada baiknya bunda memberikan suasana belajar yang menyenangkan. misalnya jika anak sedang belajar matematika, anda bisa memberikan tebak-tebakan mengenai matematika. cara ini cukup efektif loh bunda... 5. Bunda harus memiliki kesabaran Kunci utama untuk mengajak anak senang belajar adalah dengan tetap tenang dan sabar, kendalikan emosi bunda saat anak sulit disuruh untuk belajar, karena mengajak anak belajar dengan cara memarahi, menggentak atau mengancam tidak akan menghasilkan apapun, malah sang anak akan semakin malas belajar karena fokus pada emosi orang tuanya. jika Bunda tetap tenang dan sabar, cepat atau lambat anak akan menuruti kita ko, perlu di ingat juga bunda... biasanya seorang anak akan mengikuti watak dan prilaku orang tuanya, maka itu tetap tenang dan positif ya bunda... 

Mengatasi Anak Yang Suka Bolos Sekola

Sekali mengidentifikasi alasan anak sampai bolos sekolah, maka orangtua dan anak harus duduk semeja untuk mendiskusikan perilaku ini. Konseling adalah cara terbaik untuk mengajar seorang anak yang sedang tumuh tentang konsekuensi dari setiap tindakan yang telah dilakukannya.
Memaksa anak untuk melakukan sesuatu atau memberikan anak tenggat waktu untuk memperbaiki diri sendir, terkadang tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Yang terbaik adalah selalu memastikan orangtua telah menunjukkan anak arah yang benar, sehingga anak pun dapat membuat pilihannya sendiri.
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam menangani anak yang suka bolos sekolah :
1. Setelah mengetahui alasan mengapa anak bolos sekolah, maka segera lakukan tindakan yang diperlukan. Jika penyebabnya adalah bullying, maka orangtua harus segera berbicara dengan otoritas sekolah. Jika anak bolos sekolah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan lain, maka orangtua harus memberi dukungan atas minatnya tersebut. Tetapi orangtua pun harus memberi tahu anak bahwa anak tidak dapat melakukan hal itu dengan mengorbankan pendidikan formalnya. Orangtua mengajari anak cara menyeimbangkan kegiatan ektrakurikulernya di dalam dan di luar sekolah.
2. Jika anak bolos sekolah karena memiliki masalah dengan suatu mata pelajaran tertentu, orangtua harus membantu anak keluar dari kesulitan tersebut. Jika orangtua tidak dapat melakukannya sendiri, maka orangtua dapat menemukan orang yang tepat untuk membantu dalam hal ini.
3. Masalah orangtua boleh jadi sedikit lebih rumit jika ternyata anak bolos sekolah semata untuk hangout dengan rekan-rekannya. Pada kasus seperti ini, orangtua harus menginformasikan pada anak tentang jahatnya efek negatif dari tekanan kawan sebaya dan betapa pentingnya pendidikan formal. Kalau perlu mengundang orangtua dari kawan anak dan bersama-sama mendiskusikan perkembangan perilaku anak disekolah.
4. Menunjukkan kepada anak dengan contoh bagaimana akibat dari mengabaikan studi dapat membuat anak gagal di masa depannya. Orangtua harus mencari tahu apa yang dilakukan anak saat bolos sekolah.
5. Setelah orangtua mengambil langkah-langkah tersebut, orangtua harus menindaklanjuti dengan mengecek kehadiran anak disekolahnya secara teratur. Tindakan seperti ini berfungsi sebagai penghalang untuk bolos sekolah dan akan mendorong anak untuk tetap fokus dan bekerja lebih keras di sekolahnya


0 komentar:

Posting Komentar