Selasa, 06 Januari 2015

Suku Mandailiang Limau Purut Baralek Gadang- Andriadi Rajo Mudo Bagala Sutan Majolelo


  
 Guru Besar Unand, Prof.DR. Ir. Hj. Yetti Marlida MS, Ir. Syahril Amiruddin dan Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni  hadir dalam batagak penghulu malewakan gelar adat Andriadi  Rajo Mudo Bagala Sutan Majolelo  di Korong Kp. Tangah, Limau Purut  Kabupaten Padang Pariaman
Korong  Kp. Tangah Nagari Limau purut Kabupaten Padang Pariaman baralek gadang (pesta besar), soalnya anak nagari di sana, Andriadi dilewakan sebagai Rajo. Andriadi  Rajo Mudo Bagala Sutan Majolelo  nama melekat yang akan disebut  oleh anak kemenakan kaum Mandailiang di Limau Purut khususnya dan V koto Umumnya. Saat melewakan (meresmikan), alunan musik gendang tasa, Indang, Silek dan kesenian lainnya perayaan 7 hari 6 Malam memeriahkan sudut kampung di Limau Purut itu.

Tidak tanggung-tanggung, pada hari malewakan gelar  Rajo Mudo Sutan Majolelo itu, hadir Prof. DR. Ir. Hj. Yetti Marlida MSc, Bupati Pariaman Ali Mukhni  dan Ir. Syahril Amiruddin MS, Sabtu 28 Desember 2014.

Indra warga kaum Mandailiang mengatakan datuk di kaumnya adalah tempat bertanya dan berberita. “Datuk itu pemutus dari segala persoalan  anak kemenakan di kaum kami, jadi tidak sembarang orang bisa jadi datuk, harus panutan dan punya wawasan jauh kedepan,”ujar Bujang Hamid.


Sedangkan Anggota Guru Besar dari Unand, H. Prof. DR. Ir. Hj. Yetti Marlida MSc.  mengatakan eksistensi datuk di Pariaman dan Minangkabau harus selalu terjaga.”Datuk/Rajo  adalah pemimpin informal di tengah masyarakat, tentunya menjadi harapan bagi warga kaumnya untuk kebaikan,”ujar tokoh Pendidik yang juga dikenal dengan Prof. Yetti ini.


Yetti  juga merasa bangga bisa hadir di batagak penghulu Rajo malewakan gala di Korong Kampung Tangah ini. “Saya senang sekali dapat hadir menyaksikan sebuah acara adat yang porsinya termasuk tinggi di kultur kita Minangkabau,”ujar Yetti.
Sementara itu, warga Korong Tanah Taban melimpah mengelilingi Balairung menyaksikan Rajo/ datuk baru mereka.

0 komentar:

Posting Komentar